Terimakasih Telah Berkunjung ke Blog MA Nasy'atul Muta'allimin Gapura Timur Gapura Sumenep

Pemuda untuk Masa Depan Indonesia


 Seperti yang telah kita ketahui bahwa pemuda adalah identitas suatu bangsa, dengan peranannya yang akan menjadi penerus segala yang ada dalam tata sebuah Negara dan kekuasaannya, termasuk di Indonesia ini yang mengharapkan pemuda-pemudi bangsa supaya dapat membawa Bangsa Indonesia menuju kemajuan yang lebih maju lagi.
Soekarno pernah mengatakan dalam pidatonya tentang peran pemuda  yang sangat penting, yaitu : “Beri aku 1.000 orang tua, maka akan kucabut Semuru dari akarnya. Tapi, beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia”. Sangatlah jelas bahwa peran kita sebagai pemuda bangsa sangat penting untuk menjadi penentu akan seperti apa Indonesia kedepannya ini.
Ialah suatu hal yang sangat disayangkan tentunya. Jika melihat banyak pemuda sekarang yang rata-rata tidak pernah memikirkan masa depan bangsa ini, ada sebagian dari mereka yang hanya mementingkan ego sendiri yang hidupnya hanya untuk memuaskan nafsunya.
Seperti yang telah banyak ditemui di media sosial atau di sekitar kita, bahwa kebanyakan pemuda-pemudi zaman sekarang hanya mengejar popularitas, kemana-mana bawa gadget, berpose layaknya bintang film padahal tidak ada yang membayar mereka malahan mereka sendiri yang harus membayar, dan masih banyak lagi hal lain yang tidak positif. Apakah mereka pernah berpikir sekali saja tentang masa depan Bangsa Indonesia ? Sadarkah mereka, bahwa kehidupan yang dijalani sangat berpengaruh bagi masa depan suatu bangsa yang mereka miliki ? atau jangan-jangan, mereka lupa kepada bangsa mereka sendiri ?
Namun, ada juga sebagian pemuda-pemudi lainnya yang masih memikirkan moral dan nilai-nilai Bangsa Indonesia juga bagaimana kedepannya. Sebagian dari mereka sadar bahwa mereka adalah masa depan Indonesia. Maka mereka cenderung melakukan hal-hal positif, seperti memperkaya pengetahuan dengan mencari ilmu agar Indonesia lebih maju dalam bidang ilmu pengetahuan dan juga hal-hal lainnya yang bernilai positif.
Maka sangatlah jelas, bahwa masa depan Indonesia dapat dilihat dengan melihat kepada  pemuda-pemudinya. Jika pemudanya baik maka baik pula masa depan bangsa ini dan jika pemudanya kurang baik maka sangat kecil kemungkinan masa depan bangsa ini menjadi baik.

Oleh : Indri Yana
    XII Agama 2   
*naskah lomba esai CSD tahun 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar